marquee

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, "Ada dua kenikmatan yang sering menipu manusia, (yaitu) kesehatan dan waktu luang" (HR. Bukhari: XXI/261) (HR, Bukhari)

Gizi atau Nutrisi

tentang disiplin ilmu GIZI & NUTRISI
Gizi atau Nutrisi dikenal masyarakat umum sebagai suatu ilmu yang berkecimpung dalam hal masakan atau makanan, padahal sebenarnya gizi bukan hanya sekedar mengurusi perihal makanan melainkan hubungannya antara makanan dengan kesehatan.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari masalah nutrisi, dimana pemenuhannya harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Bilamana terjadi penyimpangan dalam pemenuhannya maka akan dapat mengakibatkan terjadinya gangguan keseimbangan tubuh.
Penyimpangan dapat berupa pemenuhan makronutrient (kalori, lemak, protein dan karbo hidrat) maupun mikronutrient (vitamin dan mineral).
Penyakit yang memerlukan penganan nutrisi
Masalah nutrisi yang akhir-akhir ini muncul di masyarakat merupakan masalah gizi ganda yakni masalah gizi kurang (hiponutrient) dan masalah gizi lebih (hipernutrient).
Masalah gizi kurang yang sering timbul antara lain Defisiensi Kalori Protein (KKP), Defisiensi Iodium, Defisiensi Zat Besi (Anemia), Defisiensi Vitamin A, dan berbagai defisiensi nutrisi lainnya. Sedangkan masalah gizi lebih yang banyak ditemukan antara lain Obesitas yang erat kaitannya dengan penyakit degeneratif seperti Diabetes Melllitus, Atherosklerosis dan ganguan fungsi organ tubuh lainnya.
Guna membantu menangani permasalahan nutrisi tersebut, para ahli gizi yang ada siap memberikan solusi dalam hal pengaturan makanan atau diit bagi siapapun yang memerlukan. Solusi yang dimaksud antara lain ahli gizi dapat membantu mengetahui kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi, macam dukungan nutrisi yang diperlukan, macam nutrisi yang harus dipenuhi dan dihindari, serta pengaturan diit sehari-hari.